Cari Blog Ini

Sabtu, 01 Juni 2013

Mari Belajar!

Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman
atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akibat
adanya interaksi antara stimulus dan respon.[1] Seseorang dianggap telah
belajar sesuatu jika dia dapat
menunjukkan perubahan
perilakunya. Menurut teori ini
dalam belajar yang penting
adalah input yang berupa stimulus dan output yang
berupa respon. Stimulus adalah apa saja yang
diberikan guru kepada pelajar,
sedangkan respon berupa
reaksi atau tanggapan pelajar
terhadap stimulus yang
diberikan oleh guru tersebut. Proses yang terjadi antara
stimulus dan respon tidak
penting untuk diperhatikan
karena tidak dapat diamati dan
tidak dapat diukur, yang dapat
diamati adalah stimulus dan respon, oleh karena itu apa
yang diberikan oleh guru
(stimulus) dan apa yang
diterima oleh pelajar (respon)
harus dapat diamati dan diukur. Penjelasan Definisi Perubahan akibat belajar
dapat terjadi dalam berbagai
bentuk perilaku, dari ranah kognitif, afektif, dan/atau psikomotor. Tidak terbatas
hanya penambahan pengetahuan saja. Sifat perubahannya relatif
permanen, tidak akan
kembali kepada keadaan
semula. Tidak bisa
diterapkan pada perubahan
akibat situasi sesaat, seperti perubahan akibat kelelahan,
sakit, mabuk, dan
sebagainya. Proses perubahan tingkah
laku dinyatakan dalam
bentuk penguasaan,
penggunaan, dan penilaian
terhadap sikap dan nilai-nilai
pengetahuan yang terdapat dalam berbagai bidang studi
atau lebih luas lagi dalam berbagai aspek kehidupan[2] . Perubahannya tidak harus
langsung mengikuti
pengalaman belajar.
Perubahan yang segera
terjadi umumnya tidak dalam
bentuk perilaku, tapi terutama hanya dalam
potensi seseorang untuk
berperilaku. Perubahan terjadi akibat
adanya suatu pengalaman, praktik[2] atau latihan. Berbeda dengan perubahan
serta-merta akibat refleks atau perilaku yang bersifat naluriah. Perubahan akan lebih mudah
terjadi bila disertai adanya
penguat, berupa ganjaran
yang diterima - hadiah atau
hukuman - sebagai
konsekuensi adanya perubahan perilaku tersebut. Proses perubahan dalam
belajar menuju ke arah
tujuan yang lebih baik dan
bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain[3]. perasaan bangga dalam diri
karna dapat mengerti dan
paham akan apa yang di
pelajari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar